Seiring dengan berkembangnya zaman segala sesuatu kini dibuat semakin praktis dan serba mudah.Begitu pula dengan alat tukar menukar barang.Kalau dalam peljaran sekolah kita mengenal nenek moyang kita dahulu saling tukar barang dengan istilah barter dimana seseorang menukar barangnya dengan barang yang orang lain punya dan saling membutuhkan.


Namun barter terkadang dinilai kurang efektif ketika sesama orang yang mempunyai barang berlainan kebutuhan maka munculah alat tukar baru menukar yang disebut uang.

Uang pun kini dinilai kurang efektif ketika orang yang saling mempunyai barang berjauhan tempat atau bahkan berada saling jauh beda negara bahkan benua meskipun ada banyak alat transaksi yang bisa digunakan seperti transper bank,wesel pos,western union,dan lainnya.

Dan kini di era paling baru zaman sekarang ini telah tercipta uang digital yang bernama bitcoin.Ya bitcoin adalah uang digital yang bisa dijadikan alat tukar menukar barang yang syah dan bisa digunakan dengan orang yang berjauhan tempat.